Keripik Tempe Homemade

Saya bingung mo nulis apa, hehe...
 
Mau kasih Tips kok sok keren banget, tapi kalau punya ilmu nggak disalurkan kok takut mengendap di otak..
 
Cerita aja ya biar panjang, hoho
 
Ceritanya lagi jalan-jalan di dumay, nemu nih keripik tempe resep dari beliau Fah Umi Yasmin...sok-sokan buat 2 percobaan(sayangnya percobaan 1 lupa nggak difoto).

Percobaan ke-2
Percobaan 1, saya pake plastik es mambo yang ukurannya kecil tapi panjang. Dalam percobaan pertama ini, sengaja nggak begitu saya padatkan waktu proses pembuatannya. Dan hasilnya remuk, walau nggak semua sih. Kalau soal mengiris saya asal aja, ada yang tipis ada yang tebal(maklum ya saya masih amatir) dan ternyataa jeng jeng jeng goreng siang sampai malam masih ada kriuknya.
 
Percobaan 2, saya pake plastik 1/2 kg yang biasanya buat bungkus gula pasir. Percobaan ini saya niatnya serakah, biar dapat keripik yang besar, jadi saya taruh plastik 1/2 kg, buatnya saya padatkan dat dat sampai gendut gitu. Hasil potongan tetep, tebal tipis karena masih amatir. Alhamdulillah tekstur bagus nggak ada yang remuk, penampilaan secantik yang buat, hahaha...tapi ternyata selesai digoreng yang tebal tiba-tiba alot pemirsa, kayak makan cireng.
 
Kesimpulannya adalah:
  • Saat membuat, padatkan sepadat-padatnya sampai nggak ada rongga dalam plastic.
  • Misal anda masih amatir seperti saya dalam hal memotong, mending buat di plastik es mambo aja deh, hasilnya kriuk-kriuk banget. Nggak usah coba-coba pake ukuran dalam plastik besar.
  • Dah gitu aja...seiring waktu, anda akan dapat banyak ilmu dari pengalaman.
Nih resepnya:
Bahan:
1 Mangkok tempe mentah(tempe yang belum tumbuh jamur sama sekali, penampakannya masih kedelai tapi dah dicampur ragi tempe lho ya)
1 Mangkok Tepung Sagu/Tepung tapioca
Tempe:Tepung = 1:1
 
Bumbu celupan:
2 buah Bawang putih
1/2 sdt Ketumbar
Garam secukupnya
Air secukupnya
 
Cara buat:
  1. Siapkan alat dan bahan berupa: baskom, mangkok, plastik, karet/tali rafia, tepung dan tempe.
  2. Takar tempe mentah 1 mangkok, taruh baskom.
  3. Takar tepung 1 mangkok, tuang baskom yang ada tempe mentah tadi. Aduk rata.
  4. Siapkan plastik, isi sedikit demi sedikit sambil dipadatkan sepadat-padatnya sampai plastik nggak ada rongganya.  Kalau buat yang plastik besar dan pengen bentuknya bulat dikedua sisi, sebelum diisi, bagian plastik yang nggak bolong ditali dulu, jadi nanti 2x pake tali.
  5. Jika sudah penuh, tali dengan karet/tali raffia. Sebelumnya diplastik diputer-puter dulu ya biar tambah padat.
  6. Setelah ditali, tusuk-tusuk dengan merata semua bagian plastik. Boleh pake tusuk gigi, atau lidi, kalau nggak punya juga pake garpu nggak apa. Jangan terlalu dalam, cukup hanya berlubang, jangan juga sambil marah, ntar jebol plastiknya.
  7. Fermentasikan dalam ruang gelap selama 24 jam(punya saya 24 jam dah padat, saya taruh dilemari piring yang dari kaca).
  8. Jika hendak digoreng, iris sangat tipis kemudin masukkan dalam bahan celupan.
  9. Goreng dengan api kecil dan minyak banyak serta panas. Jika belum panas jangan langsung dimasukkan. Masukkan satu-satu dan jangan sampai menempel.
  10. Taruh toples, biar awet kriuknya.
  11. Dah gitu ja, selamat mencoba (^^)

Komentar